Pemurnian Koloid


o   Dialisis
Merupakan cara mengurangi ion-in pengganggu berasal dari larutan elektrolit ditambahkan ke dalam koloid dengan menggunakan selaput semipermebel untuk mempertahankan kestabilan koloid. Kestabilan koloid dapat dipertahankan dengan penambahan sedikit elektrolit dengan konsentrasi tepat. Apabila tidak tepat, akan terbentuk ion-ion yang mengganggu kestabilan koloid. Ion pengganggu ini dapat di cegah dan dihilangkan dengan cara dialysis menggunakan dialisator. Proses dialysis dilakukan dengan cara memasukkan dispersi koloid ke dalam kantung semipermeable dan mencelupkannya ke dalam air mengalir.
Contoh penerapan dialysis dapat ditemukan pada proses cuci darah pada penderita ginjal yang disebut dengan blood dialysis. Jaringan ginjal bersifat semipermiabel, selaput ginjal hanya dapat dilewati oleh air dan molekul sederhana seperti urea, tetapi menahan partikel-partikel kolid seperti sel-sel darah merah.


o   Elektrodialis

Pada dasarnya proses ini adalah proses dialysis di bawah pengaruh medan listrik. Cara kerjanya; listrik tegangan tinggi dialirkan melalui dua layer logam yang menyokong selaput semipermiabel. Sehingga pertikel-partikel zat terlarut dalam sistem koloid berupa ion-ion akan bergerak menuju elektrode dengan muatan berlawanan.
Adanya pengaruh medan listrik akanmempercepat proses pemurnian sistem koloid. Elektrodialisis hanya dapat digunakan untuk memisahkan partikel-partikel zat terlarut elektrolit karena elektrodialisis melibatkan arus listrik.



o   Penyaring ultra
Partikel-partikel kolid tidak dapat disaring biasa seperti kertas saring, karena pori-pori kertas saring terlalu besar dibandingkan ukuran partikel-partikel tersebut. Tetapi, bila kertas saring tersebut diresapi dengan selulosa seperti selofan, maka ukuran pori-pori kertas akan sering berkurang. Kertas saring yang dimodifikasi tersebut disebut penyaring ultra. 

Proses pemurnian dengan menggunakan penyaring ultra ini termasuklambat, jadi tekanan harus dinaikkan untuk mempercepat proses ini. Terakhir, partikel-pertikel koloid akan teringgal di kertas saring. Partikel-partikel kolid akan dapat dipisahkan berdasarkan ukurannya, dengan menggunakan penyaring ultra bertahap.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Pemurnian Koloid"

Posting Komentar